Wednesday, December 1, 2010

Kuliah ke Luar Negeri

Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di luar negeri, ada beberapa langkah umum yang harus diperhatikan.

Negara Tujuan

Tentukan negara mana yang akan dipilih sebagai pendidikan lanjutan. Pertimbangkan pula faktor-faktor pendukungnya, seperti biaya kuliah, biaya hidup sehari-hari, budaya, maupun jarak.

Universitas Tujuan

Banyak alasan untuk menetapkan universitas tujuan. Yang utama tentu saja minat dan bakat Anda. Sesuaikan pula degnan nilai akademis Anda, serta lama studi yang harus ditempuh. Setelah memastikan tujuan, segera hubungi lembaga pendidikan tersebut melalui telepon, email, website, atau jasa konsultan pendidikan luar negeri terdekat di kota Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang universitas tersebut, terutama mengenai persyaratan masuknya.

Syarat-syarat Yang Harus Dipenuhi

Bila negara dan universitas serta jurusan tujuan sudah dipilih, maka berikutnya adalah masalah persyaratan pendaftaran. Yang perlu diperhatikan antara lain:

Melengkapi syarat-syarat pendaftaran yang diminta
Pengesahan dokumen serta terjemahannya dalam bahasa Inggris
Pengurusan permohonan visa pelajar untuk negara yang bersangkutan
Membuat paspor
Mengurus transportasi
Melakukan pembayaran biaya uang sekolah dan biaya keperluan lainnya
Kemampuan BahasaƂ

Karena akan bersekolah di luar negeri, bahasa tentu merupakan masalah yang pelik. Pastikan untuk menguasai bahasa yang dipergunakan di negara tersebut (biasanya bahasa Inggris) dan apabila perlu, ikuti kursus bahasa asing terlebih dahulu. Untuk bahasa Inggris sendiri ada dua standar yang dipergunakan, yaitu TOELF (The Test o English as a Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System).

Untuk TOELF sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu International TOELF dan TOELF Institutional Testing Program (TOEFL-ITP). Yang pertama dipergunakan untuk keperluan kuliah di luar negeri, sedang yang kedua untuk keperluan penerimaan beasiswa, seleksi mahasiswa, dan penerima pegawai di sebuah institusi.

– bersambung –

PS: Ingat, kuliah di luar negeri bukan lah impian. Tapi untuk mewujudkannya, jangan hanya sekedar mimpi di siang hari bolong, tapi berusahalah. Stop dreaming, start action! Cari informasi sebanyak-banyaknya dan tingkatkan skill dan kemampuan Anda. Semoga sukses, kawan!








No comments:

Post a Comment

Post a Comment